Minggu, 25 Januari 2015

keunggulan indonesia di mata dunia

BANGGA 100%, 1001 FAKTA INDONESIA LAYAK DI MATA DUNIA

Republik Indonesia adalah Negara Tua 72 7 Hal Yang Membanggakan Indonesia di Mata Dunia Lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia

Read more at http://uniqpost.com/27845/7-hal-yang-membanggakan-indonesia-di-mata-dunia/
Republik Indonesia adalah Negara Tua 72 7 Hal Yang Membanggakan Indonesia di Mata Dunia Lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia

Read more at http://uniqpost.com/27845/7-hal-yang-membanggakan-indonesia-di-mata-dunia/
Ilustrasi google

LAHIR 17 AGUSTUS 1945 SETELAH PERANG DUNIA KE II, MENASBIHKAN REPUBLIK INDONESIA SEBAGAI NEGARA TERTUA KE-70 DIDUNIA.Allhamdulillah dan insyaallah, tiga hari lagi Indonesia tercinta kita ini merayakan Kemerdekaannya yang ke-68. Dirgahayu Republik Indonesia dan teruslah jaya mengisi catatan sejarah dunia, bersama kibar sang saka MERAH PUTIH.
Admin khusus merangkum rangkai kumpulan tulisan, artikel terbaik dan mata rantai sejarah prestasi gemilang putra-putri terbaik Indonesia sebagai kado kemerdekaan NKRI ke-68. Tercetus ide gemilangnya helat Latgab TNI 2013 sebagai kebangkitan alutsista negara, suksesnya putra-putri terbaik Indonesia dalam berbagai olimpiade science tingkat dunia, kemenangan para jawara bulu tangkis dikejuaraan kemarin serta memanfaatkan momen kemenangan dalam perayaan Idul Fitri 1434 H maka rasanya wajar jika admin memanjakan momen bersejarah bagi bangsa yang telah berperan aktif dalam eksistensi peradaban sejarah dunia. Tentu tak menafikan kekurangan yang masih berusaha terus kita benahi dalam mempercantik paras ibu pertiwi, dengan masih terjadinya aksi penembakan aparat bhayangkara negeri sebagai aksi terkutuk teror, bentrok ormas dan masyarakat, kesenjangan sosial yang masih menghantui, kolusi, korupsi dan nepotism yang merajalela serta tindakan teror kriminal terhadap masyarakat tentu masih membuat kita semua mengelus dada berharap hidayah Allah Swt membuka tabir gelap dan menyingkap kepekatan kejahatan di mayapada Indonesia. Namun harapan selalu tersedia bagi bangsa yang mau belajar dan berubah pada tahap terbaiknya, sebagai motivasi dan dedikasi bagi para generasi negeri maka admin merangkum catatan disepanjang sejarah prestasi yang tak hanya tercatat oleh bangsa ini, namun telah dibukukan dan diakui sebagai prestasi, sejarah dan  rekor di dunia....
Kita simak yukk apa saja yang telah diraih mereka dan apa saja yang menjadi fakta brand internasional identity bangsa Indonesia  :)
Bissmillahirrahmanirrahim.....



Batik Indonesia Mendunia
Batik sudah ada sejak kerajaan jaman dulu di Indonesia , dimana dulu batik merupakan kesenian/kerajinan kebudayaan keluarga kerajaan, terutama di pulau jawa. Selain itu seorang Desainer batik Nusjirwan Tirtaamidjaja (Iwan Tirta) karya-karya batiknya disukai dan dipakai oleh beberapa kepala Negara seperti Ratu Elizabeth II , Ratu Sophie dari Spanyol, Ratu Juliana dari Belanda bahkan Bill Clinton.

Indonesia pemilik cadangan gas alam TERBESAR DI DUNIA 
Tepatnya di Blok Natuna. Berapa kandungan gas di blok natuna? Blok Natuna D Alpha memiliki cadangan gas hingga 202 TRILIUN kaki kubik dan masih banyak Blok-Blok penghasil tambang dan minyak seperti Blok Cepu dll. Sementara saat ini masih dikelola oleh EXXON MOBILE dibantu Pertamina.
 
RI merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia
 
terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni). Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dengan luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).

Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia
 dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia .

Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia
 dimana sekitar 60% hamper penduduk Indonesia (sekitar 130 juta jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI.

Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia
 
Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.

Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak
Yaitu 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.

Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia
 
Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia. Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di dunia.
Monumen Budha (candi) terbesar di dunia 
Adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).

Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia
 
Pithecanthropus Erectus yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.

Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tgl 7 Januari 1965. RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.

Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambang supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002).

Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.

Negara ini punya Hutan Tropis terbesar di dunia
Hutan tropis ini memiliki luas 39.549.447 Hektar, dengan keanekaragaman hayati dan plasmanutfah terlengkap di dunia. Letaknya di Pulau Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Wacana kiamat sangat mudah saja buat kita.  Bayangkan saja jika paru-paru dunia ini dimusnahkan dengan menebang seluruh hutan di negeri ini ?

Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian 
Cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).

Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia

Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia)

Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu kurang lebih 150 species

Biodiversity Anggrek terbeser didunia 
6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.

Memiliki hutan bakau terbesar di dunia
 
Tanaman ini bermanfaat untuk mencegah pengikisan air laut / abrasi.
Binatang purba yang masih hidup  
Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.

Rafflesia Arnoldii yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia
Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter .

Memiliki primata terkecil di dunia
 
Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya di atas pohon ini terdapat di Sulawesi.

Tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia
 
Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi.

Ikan terkecil di dunia 
Ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala.

PT. PAL sukses membuat salah satu kapal terbaik di dunia
 
"Star 50" berbobot 50,000 ton. Salah satu Negara yang memesan kapal ini adalah Singapura.

Gamelan Menjadi Kurikulum Sekolah Di New Zealand, Singapura, Jepang dan Amerika Serikat. Gamelan ternyata telah menjadi salah satu kurikulum tetap di New Zealand School of Music (NZSM) dengan kode mata kuliah PERF250 – special Indonesian Gamelan. Pada th 2011 jumlah mahasiswa mencapai 23 orang melebihi batas maksimal yaitu 18 orang. Di Singapura Gamelan dijadikan sebagai mata pelajaran wajib di sekolah dasar. Sementara di Amerika Gamelan Jawa sudah terkenal di berbagai Universitas unggulan, seperti di Berkley, San Jose University, Lewis and Clark College, Michigan dll. Di Jepang gamelan juga udah jadi media ajar di berbagai universitas.

Pabrik/manufaktur Mattel (boneka Barbie USA) hanya ada 2 di dunia
Pabrik pertama berada di China dan lainnya di Jababeka, Cikarang, Jawa Barat.

Brand internasional yang amat prestisius, Gucci, menggunakan kain tenun asli Indonesia sebagai bahan bakunya.

Mobil terpopuler di Uni Emirat Arab adalah Toyota Kijang Innova yang sepenuhnya diproduksi di Indonesia.

Bunga nasional Korea Utara yang amat popular Kimilsungia berasal dari Indonesia dan diberi nama oleh Presiden RI pertama Ir. Soekarno.

Pejuang HAM legendaris dan bapak pembebasan Negara Afrika Selatan, Nelson Mandela, setelah berhasil menghapus Apartheid di negerinya, mengakui bahwa perjuangannya itu diinspirasikan oleh perjuangan Syekh Yusuf dari Makassar. 
Fakta Tentang Keistimewaan Indonesia Di Mata Internasional, Membuat Kita Bangga Sebagai Menjadi Warga Negara Indonesia Meskipun ada beberapa kekurangan atau keburukan yang masih melekat di tanah air kita. Tenanglah, masih ada banyak alasan mengapa kita harus berbangga diri menjadi warga Negara Republik Indonesia........
Tahukah Anda, Air Bridge – tangga belalai menuju pintu pesawat yang ngetrend di bandara-bandara dunia kali pertama dibuat oleh PT Bukaka, Indonesia.

Tahun 2002, dalam Special Edition TIME magazine on Asian Heroes, penyanyi Iwan Fals menjadi cover fullpage. Begitu juga dengan Aa Gym di tahun 2006 (The Holy Quran).

Mobil prestisius, Mercedes Benz, menggunakan knalpot buatan Indonesia, yang pengerjaannya sepenuhnya dilakukan di Purbalingga, Jawa Tengah.

Presiden RI ke-3, BJ Habibie adalah pemegang 46 paten di bidang aeronautika dunia.

David Foster mengaku, lagu ciptaanya ‘To Love You More’ yang dibawakan Celine Dion terinspirasi dari musik Keroncong yang berasal dari Indonesia.

Menara Kuala Lumpur ternyata dirancang oleh putra Indonesia, Ir.Achmad Murdijat alumni ITB.

Indofood merupakan produsen mie instan terbesar di dunia.

Tas Bagteria made in Indonesia
 
Telah dijajakan di berbagai etalase di mall-mall kelas atas di 32 negara di seluruh penjuru dunia. Public figure dunia yang mengenakan produk ini antara lain Paris Hilton, Zara Phillips, Emma Thomson, dan Audrey Tatou.

Tiga jenis kopi andalan Starbucks di Seattle, AS, adalah : Sumatera, Java Mocha dan Toraja Coffee. Ketiga jenis kopi ini dipajang di etalase paling depan.

Koin Ringgit Malaysia dan passport Malaysia adalah produksi PT PERURI.

Seragam serdadu NATO diproduksi oleh PT Sritex, Solo, Jawa Tengah.

Kacang Dua Kelinci (PT Dua Kelinci), menjadi sponsor Real Madrid.

Motor GP, Produsen Honda menggunakan jargon ”One Heart” (Honda Indonesia) yang terpasang di motor balapnya, Yamaha juga membubuhi jargon ”Semakin di Depan” di baju balapnya. Walaupun motor Jepang, tapi semua produksinya dilakukan di Indonesia.

Stadion Gelora Bung Karno merupakan stadion terbesar ke-2 di Asia.

Senjata yang namanya Kriss SVD terinspirasi dari senjata tradisional Indonesia, Keris. Pencipta Kriss SVD ternyata pernah tinggal di Indonesia.

Sepatu Adidas bekerja sama dengan salah satu perusahaan sepatu Indonesia dan merupakan satu-satunya perusahaan sepatu yang dipercaya oleh Adidas untuk memproduksi Football Shoes di seluruh dunia.

Biji kopi luwak adalah biji kopi termahal di dunia, dan produsennya adalah Indonesia.

Jersey dan Jaket Official Manchester United adalah buatan Indonesia.
"Jangan cuma liat INDONESIA dari sisi buruknya tapi liat juga dari sisi baiknya di mata dunia"
  1. Indonesia menang di Kompetisi Software Dunia yang diikuti oleh Intitut Teknologi Bandung di Kairo, Mesir. Kemenangan diraih tim yang membawa aplikasi bernama MOSES .
  2. Kontingen Indonesia tampil sebagai juara umum ASEAN Primary School Sport Olympiad (APSSO) II tahun 2008 dengan meraih total perolehan medali sebanyak 32 medali dengan rincian adalah 12 medali emas, 9 perak dan 11 perunggu dari lima cabang olahraga yang dipertandingkan.
  3. Indonesia menjadi juara umum pada International Conference of Young Scientists (ICYS) ke-16 yang berlangsung di Pszczyna, Polandia, 24-28 April 2009
  4. Indonesia berada di tingkat pertama dalam urutan negara dengan warganya paling mudah tersenyum di dunia dibandingkan dengan negara lain.
  5. Tim Robot Indonesia dari Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung berhasil meraih juara I dan memperoleh medali emas dalam International Robot Games yang diselenggarakan di San Francisco, AS.
  6. Pasangan pembalap Indonesia ditetapkan sebagai juara satu dalam ajang bergengsi Asian Cup of Road Racing (ACRR) 2008 setelah berhasil mengalahkan beberapa pembalap asal negeri tetangga di sirkuit Balipat Binuang, Kalimantan Selatan.
  7. Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) 2009 yang terdiri dari Angelina Veni Johanna (SMA 1 BPK Penabur, Jakarta), Reinardus Surya Pradhitya (SMA Kanisius, Jakarta), Risan (SMAN 1 Tangerang), dan Christanto Handojo (SMA Kanisius, Jakarta), berhasil memenangkan dua medali perak dan satu medali perunggu dari ajang International Olympiad in Informatics (IOI) 2009 di Plovdiv, Bulgaria.
  8. Indonesia yang diwakili oleh Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih jura pertama pada Scientific Research Competition yang diselenggarakan oleh Asian Pasific Dental Student Association (APDSA).
  9. Pelajar Indonesia meraih prestasi gemilangl dengan menjuarai Global Enterprise Challenge (GEC) 2009. Tim Indonesia berhasil mengalahkan juara dunia tahun lalu, Selandia Baru, juara tahun 2007, Amerika Serikat, dan negara peserta dari lima benua, antara lain: Jerman, Australia, Selandia Baru, Skotlandia, Jepang, Afrika Selatan, Korea, dan Singapura.
  10. Angelina Venni Johanna, siswi SMAK 1 BPK Penabur Jakarta dan Reinardus Surya Pradhitya, dari SMA Kolese Kanisius Jakarta berhasil meraih medali perak pada the 21st International Olympic in Informatics (IOI) yang diadakan di kota Plovdiv, Bulgaria, dari 8 hingga 14 Agustus.
  11. Indonesia berhasil menyabet satu medali emas, dalam International Biology Olympiad (Olimpiade Biologi Internasional/IBO) ke-20, yang digelar 12-18 Juli 2009 di Tsukuba, Jepang.
  12. Indonesia menyabet dua kategori kompetisi yakni pada even bergengsi Prix de Publica dan Prix Jury Lyceena pada festival yang berlangsung di Kota Vesoul, Perancis.
  13. Profesor Dr. Ken Kawan Soetanto. Pria kelahiran Surabaya ini berhasil menggondol gelar profesor dan empat doktor dari sejumlah universitas di Jepang. Lebih hebatnya, puncak penghargaan akademis itu dicapainya pada usia 37 tahun.
  14. Kongtingen Indonesia menjadi juara umum dengan meraih enam enam emas, empat perak, dan dua medali perunggu dalam International Junior Science Olympiade (IJSO) II di Yogyakarta, 4-12 Desember 2005. Peringkat ke dua ditempati Cina dengan lima emas dan satu perak.
  15. Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) mengharumkan nama Indonesia dengan menjadi juara pertama lomba peradilan semu The 7th Red Cross International Humanitarian Law (the winning team) untuk kawasan Asia-Pasifik yang berlangsung pada 6 hingga 7 Maret 2009 di Hongkong.
  16. Qori Indonesia, Mu`min Mubarok, meraih juara pertama untuk kategori pria dalam Musabaqoh Tilawatil Qur`an (MTQ) Internasional ke-50 di Taman Peradaban Islam, Malaysia
  17. Tim Kalingga dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta membawa pulang Throphy pemenang pertama dengan nilai tertinggi dalam kompetisi Simulasi Bisnis Trust By Danone di Paris, 2 April 2009.
  18. Pelajar Indonesia Eda Islamay Qomaruddin (9), keluar sebagai juara pertama International Art Competition for Childrens Painting Mission Rescuer 2008 yang digelar Kementerian Urusan Situasi Darurat Bulgaria bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan IPTEK serta Kementerian Kebudayaan Bulgaria.
  19. Indonesia yang diwakili I Pad meraih posisi juara pertama dan berhak meraih medali emas untuk kategori Robot Soccer pada World Robot Olympiad (WRO) yang berlangsung di SMX Convention Center Hall, Manila, Filipina pada 6 November 2010.
  20. Irwan Ferdiansyah, mahasiswa Program Studi Teknik Nuklir Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan tulisan Transient Coupled Neutronic-Thermal hydraulic Model Analysis of Advanced Pressurized Water Reactor (PWR) meraih Golden Award dalam kompetisi penulisan karya ilmiah, Tokyo Tech Indonesian Commitment Award (TICA) pada 11 November 2010.
  21. Paduan suara dari Universitas Negeri Manado (UNM) meraih juara pertama dalam kategori Mixed Choir Adultsa dalam 6th International Warsaw Choir Festival Varsovia Cantata yang berlangsung di Warsawa, Polandia pada 13-14 November 2010.
  22. Tim Olimpiade Matematika Indonesia berhasil membawa pulang satu medali perak,empat perunggu dan satu honorable mention dari ajang International Mathematics Olympiad (IMO) ke-51 di Astana,Kazakhstan,yang berlangsung pada 14 Juli 2010 ini diikuti oleh 96 negara yang terdiri dari 517 peserta. Satu medali perak berhasil di raih Ahmad Zaky. Sedangkan empat medali perunggu diraih oleh Johan Gunardi ,Stefanus, Raja Oktovina dan Tobi Moektijono. dan Ronald Widjojo harus puas dengan raihan honorable mention.
  23. Di Ajang Olimpiade Fisika Internasional/ International Physics Olympiad(Ipho) 2010 Yg di adakan di Zagreb,Kroatia,akhir Juli lalu,Lima siswa SMA Indonesia meraih prestasi membanggakan dengan berhasil meraih empat medali emas dan satu perak.Medali Emas diraih Sohibul Maromi, Christian George Emor, Kevin Soedyatmiko, dan David Giovanni .Sementara Perak di raih Ahmad Ataka Awwalur Rizqi.
  24. Di ajang Olimpiade Kimia Internasional atau International Chemistry Olympiad (IChO) ke-42 Yg diselenggarakan di Tokyo,Jepang pada 15-27 Juli 2010, Tim Olimpiade Kimia Indonesia kembali menorehkan prestasi dengan meraih 1 medali emas,1 perak,dan 2 perunggu.Medali emas untuk Indonesia diraih atas nama Manoel Manuputty, medali perak oleh Alimun Nashira, serta perunggu oleh Stephen Haniel ,dan Agung Hartoko .Perolehan ini merupakan rekor terbaik selama Indonesia mengikuti ajang IChO selama 14 tahun.Sementara itu,tuan rumah Jepang memperoleh 2 emas dan 2 perak dan China menjadi pemenang absolut dengan menyabet 4 medali emas.
  25. Para pelajar Indonesia berhasil meraih dua medali emas dan dua medali perunggu pada Olimpiade Biologi Internasional ke-21 di Changwon,Korea Selatan,12-17 Juli 2010.Dua medali emas masing-masing dipersembahkan oleh Irfan Haris, dan Harun Reza Sugito. Sementara medali perunggu masing-masing dipersembahkan oleh Danang Crysnanto dan Thoriq Salafi.
  26. Tim Indonesia berhasil memperoleh tiga medali perak dan dua perunggu di ajang Olimpiade Internasional Astronomi dan Astrofisika ke-4 (4th International Olympiad on Astronomy and Astrophysics/IOAA) tingkat pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Yg digelar di Beijing,Republik Rakyat China,12-21 September 2010.Tim nasional Indonesia bersaing dengan 24 tim lainnya dari 22 negara untuk uji teori,pengamatan,praktik pengolahan data,dan kompetisi tim.Perolehan medali perak tim Indonesia tersebut di antaranya diraih oleh Raymond Djajalaksana, Anas Maulidi Utama, serta Hans Triar Sutanto. Sementara itu,medali perunggu diraih oleh Ahmad Raditya Cahya dan Widya Ageng Setyo Tetuko.
  27. Tim Olimpiade Indonesia meraih tempat ketiga dalam perolehan medali emas terbanyak di ajang Olimpiade Internasional Kebumian (International Earth Science Olympiad) ke-4 di Yogyakarta, 19-28 September 2010. Sebagai tuan rumah IESO ke-4 ini,Indonesia berhasil meraih dua emas dan enam perak.Peringkat pertama diraih kontingen Taiwan dengan tiga emas dan satu perak,diikuti tim Korea Selatan dengan dua emas.Medali emas Indonesia diraih Rio Nugroho, sedangkan tiga medali perak diraih oleh Kamil Ismail, Mikey, dan Asri Oktavioni. Sementara itu tim B yang juga menyumbangkan satu medali emas di raih oleh Ega Gita Prasastia ,dan tiga medali perak diraih Ardy Ramadhan ,Fajar Febiani Amanda, dan I Wayan Punia Raharja.
  28. Indonesia berhasil menjadi juara umum pada Lomba Penelitian Ilmiah Remaja Tingkat Dunia Ke-17 atau 17th International Conference of Young Scientists (ICYS) pada 12-17 April 2010 di Denpasar, Bali. Tim Indonesia yang berkompetisi di semua bidang lomba, yakni Ilmu Fisika, Matematika, Komputer, dan Ekologi meraih tujuh medali emas, satu medali perak, dan tiga medali perunggu.
  29. Tim Olimpiade Indonesia meraih tempat ketiga dalam perolehan medali emas terbanyak di ajang Olimpiade Internasional Kebumian (International Earth Science Olympiad) ke-4 di Yogyakarta, 19-28 September 2010.
Dan ditahun 2013 ini banyak prestasi dan catatan prestisius yang diukir oleh putra-putri terbaik Indonesia dikancah internasional, simak kabar berita diantaranya:
Sebanyak 21 siswa dan mahasiswa yang mengikuti Program Outstanding Students for the World (OSTW) yang digagas Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) berhasil mengharumkan nama Indonesia di Inggris.

Selama di London, mereka mengadakan presentasi di Kemlu Inggris (Foreign and Commonwealth Office- FCO) berdiskusi seputar peningkatan hubungan masyarakat kedua negara (people to people contact) khususnya peningkatan pelajar dan Islam moderat.

Miftahul Khairi (22) salah seorang peserta program OSTW dan tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Hukum UI, nama programnya sendiri sudah berat dan harus bisa melakukan yang terbaik, ujar pemenang paper terbaik diantara 700 peserta kompetisi Philip C Jessup Internasional Law Moot Court 2013.


Sementara itu Kartono Warigogung (24) dari Pondok Modern Darussalam Gontor mengakui program yang diikutinya sangat luar biasa dan ia pun bisa berbagi ilmu pengetahuan dengan para pejabat di Kemenlu Inggris khususnya mengenai Islam.

Kartono yang pernah belajar di Australia mengatakan, ia merasa senang dan kagum dengan cara kerja orang Inggris dan juga tempat tempat yang dikunjungi selama di Inggris termasuk ke Oxford University.

Siswa dan mahasiswa terbaik yang berasal dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi di tanah air juga melakukan dialog Profesor Frances Cairncross, dekan Exetter College di salah satu Universitas terbaik di dunia Oxford, Inggris. Selain berdialog di Universitas Oxford, peserta ini juga diterima wakil Ketua kaukus Parlemen Inggris John Spellar di Gedung Parlemen Inggris.
Program bagi siswa berprestasi "Outstanding Students for the World" (OSTW) tahun 2013 yang diusung Kementerian Luar Negeri merupakan yang ketiga kalinya. Sebelumnya, dilakukan kegiatan yang sama di Universitas Harvard di AS dan Tokyo Intitute of Technology di Jepang. Peserta progam ini disaring secara ketat dan tahun ini diwakili pemenang olimpiade, pemenang lomba debat bahasa Inggris dunia, pemenang lomba debat hukum internasional, peneliti dan inovator muda, dan salah satu siswa terbaik dari Yayasan Pendidikan Islam Gontor dan SMK penerbangan Jakarta.

Pada kesempatan ini pulalah para pemuda 'brilliant' ini melakukan dialog seputar hubungan Indonesia - Inggris dan mengemukan pandangannya tentang pendidikan dan hubungan kedua negara dalam perspektif pemuda.

Pada hari terakhir melakukan kunjungan ke Organisasi Maritim Internasional (IMO) dan Kementerian Bisnis, Inovasi, dan Skill - Inggris.

Peserta program OSTW terbagi dalam beberapa kategori seperti untuk debat dan pidato berbahasa Inggris terpilih Roselyn Prima Winata (Universitas Pelita Harapan), Carissa Tehputri (SMAN 4 Denpasar), Miftahul Khairi (UI), dan Gresi Tifani Muabuay (SMAN 3 Jayapura).
Kategori ilmu pengetahuan sosial terpilih Adeline Tiffanie Suwana (SMAK 1 Penabur, Jakarta), Kartono Warigogung (Institute Study Islam Darussalam), Flora Ayu Putri Dhamayanti (SMAK Giovanni, Kupang), dan Rai Kania Izatinisa (SMAN 1 Malingping, Banten).

Sementara katagori ilmu pengetahuan alam terpilih Melody Grace Natalie (Stella Duce 1), Paksi Raganata, GDE (SMA Santa Maria 1, Bandung), Muhammad Arifin Dobson (SMAN 3 Bandung), Thomas Teguh Wijaya (ITB), Bintang Rahmat Wananda (ITB), Siti Latifatul Chasanah (SMK Boedi Oetomo 2, Cilacap), dan Edvin Prawira Negara (SMAN 1 Blitar).

Untuk katagori ilmu komputer dan robotik terpilih Mohammad Yazid Al Qahar (Unikom), Eko Prabowo Putro (Unikom), dan Nathan Azaria (SMAN 2 Purwokerto) dan ilmu teknik terpilih Devika Asmi Pandanwangi (SMAN 6 Yogyakarta), Jovita Nathania (SMA Tarsisius 1, Jakarta Pusat), dan Fauzan Wirya Yudha Prasetya (SMKN 29, Jakarta).

Tak kalah mengesankan, tengok prestasi para generasi emas bangsa ini. Luar biasa........
Mahasiswa Indonesia Kembali Berprestasi di Kompetisi Teknologi Pangan Internasional 2013, Mahasiswa Indonesia dari Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil menjadi pemenang ke-2 dan ke-3 Kompetisi Teknologi Pangan Internasional "Developing Solutions for Developing Countries (DSDC)", yang berlangsung di McCormick Place, Chicago, Amerika Serikat, 13 s.d. 16 Juli 2013.

Sebagaimana dilansir dalam portal Kementerian Luar Negeri (www.kemlu.go.id), Rabu (17/7/13), kegiatan ini diorganisasi oleh IFT Student Associations (IFTSA) dalam perhelatan ‘The 13th Institute of Food Technologies (IFT) Annual Forum and Food Expo’. 

Disebutkan, keberhasilan kedua tim mahasiswa IPB tersebut mengulang keberhasilan mahasiswa Indonesia pada final kompetisi DSDC-IFTSA sejak kali pertama diselenggarakan pada 2009 di California, Amerika Serikat.

Pada kompetisi yang sama pada 2012 di Las Vegas, dua tim mahasiswa IPB juga berhasil keluar sebagai pemenang ke-2 dan ke-3. Pada 2011 di New Orleans, tim mahasiswa Indonesia dari Universitas Brawijaya berhasil keluar sebagai pemenang pertama. Sementara, pada 2010 di Chicago, tiga tim Indonesia yang berasal dari IPB dan Universitas Brawijaya berhasil menciptakan ‘All-Indonesian final’ dan menjadi pemenang kompetisi DSDC saat itu.

Menurut Ketua Departemen Teknologi dan Ilmu Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian IPB Dr. Ir. Feri Kusnandar Hidayat M.Sc., kedua tim mahasiswa tingkat akhir program sarjana IPB, masing-masing tim “Masoca-Ball” dan tim “Sweepo”. Mereka berhasil terpilih sebagai finalis bersama dengan tim Universiti Putra Malaysia setelah menyisihkan lebih kurang 36 peserta dari seluruh dunia.

Para finalis tersebut diundang untuk mempresentasikan proposalnya di hadapan enam orang dewan juri yang merupakan ilmuwan dan praktisi teknologi pangan terkemuka di dunia beserta para pengunjung IFT 2013 di McCormick Place, Chicago.

Kompetisi DSDC 2013 mengambil tema “Develop food products to be given as supplements to address malnourishment at HIV relief clinics across developing countries’. Untuk tema ini, pemenang ke-2 yaitu tim ‘Masoca-Ball’ yang terdiri atas Ardiyansah Mallega, Stella Denissa, dan Alviane Leonita, mengusulkan produk baru ‘MASOCA-Ball’ –a sweet snack ball- yang terbuat dari sumber pangan yang banyak tersedia di negara bagian Benue, Nigeria, seperti kacang-kacangan, jagung dan wortel, sebagai alternatif suplemen makanan bernutrisi tinggi bagi penderita AIDS di Nigeria.

Sementara itu, tim Sweepo yang terdiri dari Veni Issani, Cynthia, dan Jian Septian, mempresentasikan makalah berjudul “Sweepo: a Nutrious Sweet Potato Biscuit Product for Children with AIDS in Papua Indonesia” yang merupakan produk biskuit olahan ubi jalar untuk suplemen makanan bagi anak-anak penderita AIDS di Papua. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar